Minggu, 28 April 2019

Tugas SoftSkill Perusahaan MultiNasional Pengetahuan Lingkungan

PENGETAHUAN LINGKUNGAN
PERUSAHAAN MULTINASIONAL MCDONALD’S
 (SOFTKILL)



Disusun Oleh :
      Nama  / NPM                          : Achmad Sobari                     / 30416067
                                                        Chandra Willis M Loi          / 31416560
                                                         Ilham Riki Saputra              / 33416441
      Kelas                                       : 3ID11
      Kelompok                               : 7 (Tujuh)
      Hari / Tanggal                         : Jum’at / 27 April 2019
      Mata Kuliah                            : Ilmu Lingkungan #
      Dosen                                      : Adi Pramudyo



JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2019



1.                  Sejarah McDonald's
          Sejarah dalam Bisnis perusahaan makanan dan minuman yaitu McDonald didirikan dimulai pada tahun  1940 dengan dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California. Mereka memperkenalkan "Speedee Service System" pada tahun 1948, yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji modern. Maskot awal McDonald's yang bernama Speede, adalah seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi koki. Speede kemudian digantikan oleh Ronald McDonald pada tahun 1963. McDonald's saat ini tidak menjadikan tahun 1940 sebagai tahun kelahiran restoran McDonald's. Mereka memilih 15 April 1955, ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac di Des Plaines, Illinois, sebagai hari kelahirannya. Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Saham McDonald's mulai dijual kepada publik tahun 1965. Sifat agresif yang dimiliki Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara. Kroc dan McDonald bersaudara bertikai untuk mengontrol bisnis ini, namun akhirnya McDonald bersaudaralah yang pergi meninggalkan perusahaan. Pada zaman ini banyak sekali konsumen yan sudah mengenal makanan dari perusahaan ini dan sudah terkenal di indonesia dan trus berkembang di indonesia karena banyak peminatnya, oleh karena itu perusahaa ini dapat bersaing dengan perusahaan makanan lainnya yang ada di indonesia. Selain menu makanan ayam perusahaan ini juga menyediakan minuman dan hidangan lainnya untuk di hidangkan untuk para pelanggan. Dan harganya juga cukup terjangkau dan kualitas serta kuantitas dari hidangan tersebut sangat baik sehingga dapat memuaskan keinginan dari konsumen yang datang ke MCD tersebut.
2.                  Struktur Organisasi McDonald’s
            Struktur organisasi McDonald's adalah struktur organisasi yang menunjukkan antara fungsi-fungsi dan otoritas relatif yang tanggung jawab individu dalam memimpin atau bertanggung jawab atas masing-masing fungsi respektif yang memiliki peranan penting dalam perusahaan McDonald's.



           Struktur organisasi McDonald’s adalah struktur organisasi lini/garis. Dengan menggunakan tipe organisasi ini, maka perintah dalam perusahaan mengalir dari Store Manager turun ke 1st Asistant Manager turun ke 2nd Asisstant Manager turun ke Junior Manager turun ke Trainee Manager turun ke Crew Leader dan lini paling bawah adalah Crew. Di luar lini tersebut juga terdapat STAR, C/S dan VIP yang bertanggung jawab penuh pada Store Manager. Store Manager selanjutnya bertanggung jawab kepada Operation Consultant. Operation Consultant akan bertanggung jawab kepada Operation Manager dan Operation Manager akan bertanggung jawab kepada Head Office Jakarta.


·         Store Manajer
            Store Manager merupakan pemegang jabatan tertinggi di sebuah
outlet McDonald’s. Jenjang pendidikan minimal untuk memegang jabatan ini adalah sarjana S1. Seorang Store Managerbertanggungjawab terhadap seluruh outlet yang dipimpinnya,termasuk staf dan crew, keuntungan dan kerugian serta memeriksalaporan bulanan.
·         First Assistant Manager
            First Assistant Manager bertugas menyelesaikan laporan bulanan, membantu mendidik trainee manager/manager junior dan second assistant manager, serta membantu store manager mengontrol semua elemen
·         Second Assistant Manager
Standar QSC di semua shift tanpa supervisi, wawancara dan memilih crew dan melakukan orientasi, taining crew trainer dan membantu melatih trainee manager dan swing manager, mendokumentasikan pada file personalia, memberi input pada penilaian prestasi kerja crew, menyelesaikan inventori mingguan dan laporan variance / statistik.

·         Junior Manager
            Menggunakan human relation dasar, komunikasi, dan kecakapan follow up dan memperlakukan crew sebagai customer, pelanggan sesering mungkin untuk mengukur dan meningkatkan kepuasan merekan terhadap pengalamannya di McDonald’s. Mengelola shift opening dan closing dengan pengawasan.
·         Secound Assistant Manager
Menjaga standar kritikal untuk holding times, kecepatan, kualitas pelayanan, kualitas produk mentah dan jadi, kebersihan dan sanitasi.
·         Crew Leader
Memperagakan secara konsisten keahlian melakukan pekerjaan stasion-stasion yang dijadwalkan selama shift Menunjukan keahlian melatih crew, menyelesaikan training untuk tiap-tiap crew yang ditugaskan dengan mengikuti tiap-tiap langkah sistemtraining crew dengan pendekatan secara bahu membahu. menentukan apakah petugas crew telah menyelesaikan training dan siap untuk diuji atau bila diperlukan lebih banyak waktu untuk praktek.

1.                  Visi
            Visi dari McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “to be the world’s best quick service restaurant experience” (Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman dalam berbagai bidang pelayanan, paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia). McDonald’s adalah menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik di dunia. Untuk mencapai visi ini, McDonald’s selalu menjamin mutu produk-produknya, memberikan pelayanan yang memuaskan, menawarkan kebersihan dan keamanan produk pangan serta nilai-nilai tambah lainnya. Senyum konsumen adalah hal penting untuk McDonald’s.

McDonald's menjadi terbaik dalam artian :
·         McDonald's
            Restoran McDonald's berarti menjadikan “The Golden Arches” (Lengkungan emas). Sebagai simbol pada McDonald's yang menjadikan lambangnya agar dapat mudah dikenal, dipercaya dan dihargai di seluruh dunia.
·         McDonald's terhadap pelanggan
            Menjadikan perusahaan terbaik yang berarti dalam melayani pelanggan yang sesuai dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk McDonald's dalam melani menu apa saja yang akan di sajikan yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh McDonald's.
·         McDonald's terhadap lingkungan sekitar
            McDonald's yang dapat membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di lingkungan mereka karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial, dengan kepedulian dalam lingkungan sekitar dengan baik dan tanggung jawab yang tinggi terhadap lingkungan. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan McDonald's.
·         McDonald's terhadap pemilik
            McDonald's dapat membantu yang berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dalam rekan kerja yang sesuai dalam membangun restoran dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik dalam tingkatannya.
·         McDonald's terhadap karyawan
            Karyawan yang berarti dalam memberikan peluang kerja, kompensasi kerja yang baik dalam berbagai bidang, pengembangan dengan kemajuan terhadap restoran McDonald's untuk pelatihan kerja dalam memperoses hasil yang maksimal, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh karyawan.
·         McDonald's terhadap suppliers
            Supplier yang berarti dalam investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini untuk meningkatkan kerja sama yang baik dalam berbagai bisnis pada McDonald's.
·         McDonald's terhadap pemegang saham
            Pemegang saham yang mengartiakan  berkembang dengan keuntungan yang paling baik dalam perusahaan restoran McDonald's dan paling besar pada industri ini yang akan dipilih untuk mengartikan apa yang akan dilakukan terhadap perusahaan restoran dalam berbagai keuntungan.
·         Untuk Alliance Partners
            Alliance Partners yang mengartikan bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama dalam berbagai makanan dan minuman, dengan memperluas kerjasama yang baik dalam bidang makanan juga minuman, dan mempertahankan kepemimpinan McDonald's yang sudah tepat dalam proses pekerjaannya di perusahaan restoran McDonald's.

2.                  Misi
            McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia yang berdiri dibidang makanan dan minuman untuk menjadikan restoran yang baik dalam internasional dan dapat mudah dipandang dari kalangan apa saja, yaitu dengan restoran McDonald's adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald's” Menjadi perusahaan terbaik bagi semua karyawan kami di setiap komunitas di seluruh dunia. Menghadirkan pelayanan dengan sistem operasional yang unggul bagi setiap konsumen kami di setiap restoran cabang McDonald’s. Terus mengalami perkembangan ke arah yang menguntungkan sebagai sebuah brand, serta terus mengembangkan sistem operasional McDonald’s ke arah yang lebih baik lagi lewat inovasi dan teknologi.

3.                  Kesimpulan   
            Kesimpulan diatas spesifikasi produk yang ditawarkannya dalam bidang restoran cepat saji dengan market pasar yang dapat memenuhi target pasar yang akan dikuasai oleh McDonald’s adalah pasar dunia. Mengenai teknologi yang digunakan, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai bentuk teknologi yang diterapkan dalam operasional McDonald’s mampu bersaing di pasaran dunia dalam bidang makan makanan dan minuman dan dapat memenuhi keinginan pelanggan dan pelayanan dengan baik serta menjadi perusahaan yang dapat memiliki minat terbanyak di indonesia dan menjadi kepercayaan para konsumen dalam memilih hingan makanan ayam di indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar