PENGETAHUAN LINGKUNGAN
PERUSAHAAN MULTINASIONAL
MCDONALD’S
(SOFTKILL)
Disusun Oleh :
Nama
/ NPM : Achmad
Sobari / 30416067
Chandra Willis M Loi /
31416560
Ilham Riki Saputra /
33416441
Kelas :
3ID11
Kelompok : 7 (Tujuh)
Hari / Tanggal : Jum’at / 27 April 2019
Mata Kuliah : Ilmu Lingkungan #
Dosen :
Adi Pramudyo
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI
INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2019
1.
Sejarah
McDonald's
Sejarah dalam Bisnis
perusahaan makanan dan minuman yaitu McDonald didirikan dimulai pada tahun 1940
dengan dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino,
California. Mereka memperkenalkan "Speedee Service System" pada tahun
1948, yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji modern. Maskot awal
McDonald's yang bernama Speede, adalah seorang pria dengan kepala berbentuk
hamburger yang menggunakan topi koki. Speede kemudian digantikan oleh Ronald
McDonald pada tahun 1963. McDonald's saat ini tidak menjadikan tahun 1940
sebagai tahun kelahiran restoran McDonald's. Mereka memilih 15 April 1955,
ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac di Des
Plaines, Illinois, sebagai hari kelahirannya. Kroc kemudian membeli saham dari
McDonald's bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh
dunia. Saham McDonald's mulai dijual kepada publik tahun 1965. Sifat agresif
yang dimiliki Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara. Kroc dan
McDonald bersaudara bertikai untuk mengontrol bisnis ini, namun akhirnya
McDonald bersaudaralah yang pergi meninggalkan perusahaan. Pada zaman ini
banyak sekali konsumen yan sudah mengenal makanan dari perusahaan ini dan sudah
terkenal di indonesia dan trus berkembang di indonesia karena banyak
peminatnya, oleh karena itu perusahaa ini dapat bersaing dengan perusahaan
makanan lainnya yang ada di indonesia. Selain menu makanan ayam perusahaan ini
juga menyediakan minuman dan hidangan lainnya untuk di hidangkan untuk para
pelanggan. Dan harganya juga cukup terjangkau dan kualitas serta kuantitas dari
hidangan tersebut sangat baik sehingga dapat memuaskan keinginan dari konsumen
yang datang ke MCD tersebut.
2.
Struktur
Organisasi McDonald’s
Struktur organisasi McDonald's
adalah struktur organisasi yang menunjukkan antara fungsi-fungsi dan otoritas
relatif yang tanggung jawab individu dalam memimpin atau bertanggung jawab atas
masing-masing fungsi respektif yang memiliki peranan penting dalam perusahaan McDonald's.
Struktur organisasi
McDonald’s adalah struktur organisasi lini/garis. Dengan menggunakan tipe
organisasi ini, maka perintah dalam perusahaan mengalir dari Store Manager
turun ke 1st Asistant Manager turun ke 2nd Asisstant Manager turun ke Junior
Manager turun ke Trainee Manager turun ke Crew Leader dan lini paling bawah
adalah Crew. Di luar lini tersebut juga terdapat STAR, C/S dan VIP yang
bertanggung jawab penuh pada Store Manager. Store Manager selanjutnya bertanggung
jawab kepada Operation Consultant. Operation Consultant akan bertanggung jawab
kepada Operation Manager dan Operation Manager akan bertanggung jawab kepada
Head Office Jakarta.
·
Store Manajer
Store Manager merupakan pemegang
jabatan tertinggi di sebuah
outlet McDonald’s.
Jenjang pendidikan minimal untuk memegang jabatan ini adalah sarjana S1.
Seorang Store Managerbertanggungjawab terhadap seluruh outlet yang
dipimpinnya,termasuk staf dan crew, keuntungan dan kerugian serta memeriksalaporan
bulanan.
·
First Assistant Manager
First Assistant Manager bertugas
menyelesaikan laporan bulanan, membantu mendidik trainee manager/manager junior
dan second assistant manager, serta membantu store manager mengontrol semua
elemen
·
Second Assistant Manager
Standar QSC di
semua shift tanpa supervisi, wawancara dan memilih crew dan melakukan
orientasi, taining crew trainer dan membantu melatih trainee manager dan swing
manager, mendokumentasikan pada file personalia, memberi input pada penilaian
prestasi kerja crew, menyelesaikan inventori mingguan dan laporan variance /
statistik.
·
Junior Manager
Menggunakan
human relation dasar, komunikasi, dan kecakapan follow up dan memperlakukan crew
sebagai customer, pelanggan sesering mungkin untuk mengukur dan meningkatkan
kepuasan merekan terhadap pengalamannya di McDonald’s. Mengelola shift opening
dan closing dengan pengawasan.
·
Secound Assistant Manager
Menjaga standar
kritikal untuk holding times, kecepatan, kualitas pelayanan, kualitas produk
mentah dan jadi, kebersihan dan sanitasi.
·
Crew Leader
Memperagakan
secara konsisten keahlian melakukan pekerjaan stasion-stasion yang dijadwalkan
selama shift Menunjukan keahlian melatih crew, menyelesaikan training untuk
tiap-tiap crew yang ditugaskan dengan mengikuti tiap-tiap langkah
sistemtraining crew dengan pendekatan secara bahu membahu. menentukan apakah
petugas crew telah menyelesaikan training dan siap untuk diuji atau bila
diperlukan lebih banyak waktu untuk praktek.
1.
Visi
Visi
dari McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “to be the world’s best quick service
restaurant experience” (Menjadi restoran cepat saji yang paling
berpengalaman dalam berbagai bidang pelayanan, paling cepat melayani dan
terbaik di seluruh dunia).
McDonald’s
adalah menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik di dunia. Untuk
mencapai visi ini, McDonald’s selalu menjamin mutu produk-produknya, memberikan
pelayanan yang memuaskan, menawarkan kebersihan dan keamanan produk pangan
serta nilai-nilai tambah lainnya. Senyum konsumen adalah hal penting untuk
McDonald’s.
McDonald's menjadi terbaik dalam artian :
·
McDonald's
Restoran
McDonald's berarti menjadikan “The Golden
Arches” (Lengkungan emas). Sebagai simbol pada McDonald's yang menjadikan
lambangnya agar dapat mudah dikenal, dipercaya dan dihargai di seluruh dunia.
·
McDonald's terhadap pelanggan
Menjadikan
perusahaan terbaik yang berarti dalam melayani pelanggan yang sesuai dengan
QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk McDonald's dalam melani menu apa
saja yang akan di sajikan yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan
mereka di seluruh McDonald's.
·
McDonald's terhadap lingkungan sekitar
McDonald's
yang dapat membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di lingkungan
mereka karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial,
dengan kepedulian dalam lingkungan sekitar dengan baik dan tanggung jawab yang
tinggi terhadap lingkungan. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena
keberadaan McDonald's.
·
McDonald's terhadap pemilik
McDonald's
dapat membantu yang berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan
mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dalam rekan kerja yang
sesuai dalam membangun restoran dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi
kerjasama yang baik dalam tingkatannya.
·
McDonald's terhadap karyawan
Karyawan
yang berarti dalam memberikan peluang kerja, kompensasi kerja yang baik dalam
berbagai bidang, pengembangan dengan kemajuan terhadap restoran McDonald's untuk
pelatihan kerja dalam memperoses hasil yang maksimal, dan pekerjaan yang
berarti bagi seluruh karyawan.
·
McDonald's terhadap suppliers
Supplier
yang berarti dalam investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang
profitable bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini
untuk meningkatkan kerja sama yang baik dalam berbagai bisnis pada McDonald's.
·
McDonald's terhadap pemegang saham
Pemegang
saham yang mengartiakan berkembang
dengan keuntungan yang paling baik dalam perusahaan restoran McDonald's dan paling
besar pada industri ini yang akan dipilih untuk mengartikan apa yang akan
dilakukan terhadap perusahaan restoran dalam berbagai keuntungan.
·
Untuk Alliance Partners
Alliance
Partners yang mengartikan bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang
bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam
rangka menjalin kerjasama dalam berbagai makanan dan minuman, dengan memperluas
kerjasama yang baik dalam bidang makanan juga minuman, dan mempertahankan
kepemimpinan McDonald's yang sudah tepat dalam proses pekerjaannya di
perusahaan restoran McDonald's.
2.
Misi
McDonald's
Internasional maupun McDonald's Indonesia yang berdiri dibidang makanan dan
minuman untuk menjadikan restoran yang baik dalam internasional dan dapat mudah
dipandang dari kalangan apa saja, yaitu dengan restoran McDonald's adalah
“Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada
restoran McDonald's” Menjadi
perusahaan terbaik bagi semua karyawan kami di setiap komunitas di seluruh
dunia. Menghadirkan pelayanan dengan sistem operasional yang unggul bagi setiap
konsumen kami di setiap restoran cabang McDonald’s. Terus mengalami
perkembangan ke arah yang menguntungkan sebagai sebuah brand, serta terus
mengembangkan sistem operasional McDonald’s ke arah yang lebih baik lagi lewat
inovasi dan teknologi.
3.
Kesimpulan
Kesimpulan
diatas spesifikasi produk yang ditawarkannya dalam bidang restoran cepat saji
dengan market pasar yang dapat memenuhi target pasar yang akan dikuasai oleh
McDonald’s adalah pasar dunia. Mengenai teknologi yang digunakan, tidak ada
penjelasan lebih lanjut mengenai bentuk teknologi yang diterapkan dalam
operasional McDonald’s mampu bersaing di pasaran dunia dalam bidang makan
makanan dan minuman dan dapat memenuhi keinginan pelanggan dan pelayanan dengan
baik serta menjadi perusahaan yang dapat memiliki minat terbanyak di indonesia
dan menjadi kepercayaan para konsumen dalam memilih hingan makanan ayam di
indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar